Minggu, 13 Januari 2013

SAMOSIR host FESTIVAL DANAU TOBA 2013

Festival Danau Toba (FDT) /DANAU TOBA FESTIVAL adalah sebutan baru bagi event kepariwisataan di kawasan Danau Toba, sebagai pengganti Pesta Danau Toba (PDT) yang telah digelar sejak tahun 80-an dan yang terakhir bulan Desember tahun 2012. Pergantian nama dari Pesta Danau Toba menjadi Festival Danau Toba adalah sesuai hasil rapat Koordinasi Bupati/Walikota se Kawasan Danau Toba pada tgl. 27 April 2012 di Ruang Kerja Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bahwa Pesta Danau Toba mulai tahun 2013 ditingkatkan menjadi Event Nasional dan Kabupaten Samosir ditetapkan sebagai tuan rumah, dan pada tgl. 18 Desember 2012 atas hasil audiensi dengan Wamen Parekraf Bpk. Sapta Nirwandar dan tokoh masyarakat, budayawan dan perantau disepakati perubahan nama menjadi Festival Danau Toba (FDT), yang akan didukung penuh oleh Kemen Parekraf RI, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten/Kota se kawasan Danau Toba.

Festival Danau Toba 2013, dengan host/tuan dan nyonya rumah Kabupaten Samosir merencanakan pelaksanaannya tgl. 29 Juni sd 13 Juli 2013 dipusatkan di Pulau Samosir yakni Pantai Wisata Batu Hoda, Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo, dengan kegiatan-kegiatan Festival (pertandingan, lomba dan pagelaran) di bidang Seni-Budaya, Olahraga, Pameran Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif, Lomba Produk Kuliner-Kreasi-Souvenir, penampilan Artis-Musisi-Budaya dan Semiloka untuk Pemberdayaan Masyarakat.

Untuk melaksanakan dan menyelenggarakan telah dibentuk Panitia Lokal Penyelenggara Festival Danau Toba 2013 di Kabupaten Samosir dan sedang dirancang berbagai kegiatan untuk mengisi Event Festival Danau Toba 2013 nantinya.

Tidak ada komentar: