Minggu, 17 Agustus 2014

PIDATO BUPATI SAMOSIR PERINGATAN HUT KE-69 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2014, MINGGU, 17 AGUSTUS 2014

SELAMAT PAGI, SALAM SEJAHTERA UNTUK SEMUA, HORAS !

SAMBUTLAH SALAM KEMERDEKAAN KITA!
MERDEKA................. MERDEKA................. MERDEKA.............................

SELAKU UMAT BERAGAMA, KITA PANTAS MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA KUASA, ATAS BERKAT DAN ANUGERAHNYA, SEHINGGA SELURUH RAKYAT INDONESIA TERMASUK MASYARAKAT KABUPATEN SAMOSIR, KEMBALI DAPAT BERSAMA-SAMA MERAYAKAN DAN MENGENANG PERISTIWA BESAR: PUNCAK SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA, YAKNIDETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA.”
SETIAP KALI KITA MEMPERINGATI HARI YANG BERSEJARAH, INGATAN KITA PASTI KEMBALI KE MASA-MASA PERJUANGAN   PARA PAHLAWAN YANG GUGUR DI MEDAN TEMPUR DEMI  MEWUJUDKAN   INDONESIA MERDEKA. DENGAN SEMANGAT JUANG YANG TINGGI DAN CUCURAN KERINGAT, DARAH DAN AIR MATA, MEREKA RELA MENGORBANKAN JIWA RAGA DAN HARTA UNTUK MEREBUT DAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN BANGSA DAN NEGARA KITA,  YAKNI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA. PENGORBANAN PARA PAHLAWAN TERSEBUT, TIDAK TERNILAI HARGANYA, KARENA MERUPAKAN SUATU TOTALITAS DHARMA BAKTI YANG TULUS BAGI BANGSA DAN NEGARA. DIPASTIKAN BAHWA TANPA PERJUANGAN DAN PENGORBANAN MEREKA, MUSTAHIL BANGSA DAN NEGARA INDONESIA AKAN MERDEKA DAN MENCAPAI TINGKAT KEHIDUPAN SEPERTI YANG KITA ALAMI DEWASA INI.
 SEBAGAI GENERASI PENERUS,  KITA SEMUA WAJIB MENGHARGAI, MENGHORMATI, MELANJUTKAN DAN MEWUJUDKAN   NILAI-NILAI PERJUANGAN MEREKA YANG DILANDASI DENGAN JIWA DAN SEMANGAT   PATRIOTISME, KEBANGSAAN, RELA BERKORBAN, KESETIAKAWANAN SOSIAL DAN KECINTAAN TERHADAP TANAH AIR INDONESIA. KECINTAAN DAN KEBANGGAAN TERHADAP NEGERI TERCINTA INI, AKAN  MENUMBUHKAN DAN MENINGKATKAN SEMANGAT DALAM MEMBANGUN KESEJAHTERAAN BERSAMA.
PENGORBANAN MEREKA HARUS KITA BALAS DENGAN MENJAGA KEUTUHAN KEDAULATAN BERBANGSA DAN BERNEGARA SERTA BEKERJA KERAS DEMI TERWUJUDNYA CITA-CITA PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA. UNTUK ITU SAYA BERHARAP DAN MENGHIMBAU, MOMENTUM HARI ULANG TAHUN  KE-69 KEMERDEKAAN REPUBLIK   INDONESIA  TAHUN 2014,   DAPAT   KITA JADIKAN SEBAGAI WAHANA UNTUK MEMBANGKITKAN, MEMUPUK DAN MENINGKATKAN PERSATUAN DAN KESATUAN SERTA MENGHARGAI PERBEDAAN  UNTUK MENGISI KEMERDEKAAN DEMI TERWUJUDNYA BANGSA INDONESIA YANG MAJU, MANDIRI, BERDAYA SAING SERTA MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945.

HADIRIN SEKALIAN YANG BERBAHAGIA,
DALAM RANGKA PERINGATAN HUT KE-69 PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA PEMERINTAH MENETAPKAN TEMA YAKNI DENGAN SEMANGAT PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945, KITA DUKUNG SUKSESI KEPEMIMPINAN NASIONAL HASIL PEMILU 2014 DEMI KELANJUTAN PEMBANGUNAN MENUJU INDONESIA YANG MAKIN MAJU DAN SEJAHTERA.
SEJALAN DENGAN TEMA DIATAS, PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR MENETAPKAN SUB TEMA “DENGAN SEMANGAT PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945 KITA DUKUNG SUKSESI KEPEMIMPINAN NASIONAL HASIL PEMILU 2014 DEMI MENDUKUNG VISIT SAMOSIR YEAR 2014 - 2015 MENUJU MASYARAKAT SAMOSIR YANG MAKIN MAJU DAN SEJAHTERA.
TEMA TERSEBUT SANGAT ERAT HUBUNGANNYA DENGAN BERLANGSUNGNYA PESTA DEMOKRASI PEMILIHAN UMUM CALON LEGISLATIF PADA BULAN APRIL 2014 YANG LALU DAN PEMILIHAN UMUM CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI MASA JABATAN 2014-2019.
MELALUI KESEMPATAN INI DAN ATAS NAMA PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR SAYA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA KEPADA PIMPINAN DAN ANGGOTA PARTAI POLITIK, KETUA DAN ANGGOTA  KOMISI PEMILIHAN UMUM, KETUA DAN ANGGOTA PANWASLU, UNSUR PIMPINAN DAERAH DAN SELURUH LAPISAN MASYARAKAT KABUPATEN SAMOSIR ATAS DUKUNGAN DAN PARTISIPASINYA SEHINGGA KEDUA AGENDA NASIONAL TERSEBUT DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK, TERTIB, AMAN, LANCAR  DAN DAMAI SEBAGAIMANA KITA LAKSANAKAN BERSAMA PADA BULAN YANG LALU.
SECARA KHUSUS,  SAYA SAMPAIKAN JUGA TERIMAKASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA KEPADA PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD KABUPATEN SAMOSIR ATAS TERSELENGGARANYA RAPAT PARIPURNA DPRD KABUPATEN SAMOSIR YANG DILAKSANAKAN TANGGAL 4 PEBRUARI 2014 DALAM RANGKA PEMILIHAN WAKIL BUPATI SAMOSIR UNTUK MENGISI SISA MASA JABATAN 2010-2015 SESUAI DENGAN USUL DAN DUKUNGAN PARTAI POLITIK PENGUSUNG.

      HADIRIN PESERTA UPACARA YANG SAYA HORMATI,
            UNTUK MENGGUGAH SEMANGAT DAN MOTIVASI KITA DALAM MELANJUTKAN PEMBANGUNAN KABUPATEN SAMOSIR, SEJENAK KITA MENOLEH KE BELAKANG, TENTANG APA YANG TELAH  KITA LAKUKAN SELAMA TAHUN 2013-2014.
1.   BIDANG PENDIDIKAN.
SECARA BERKESINAMBUNGAN, PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI KABUPATEN SAMOSIR AKAN KITA UPAYAKAN UNTUK DAPAT MEMENUHI STANDAR NASIONAL SEHINGGA PARA PESERTA DIDIK DAN BAHKAN LULUSAN MASING-MASING SEKOLAH SESUAI DENGAN JENJANG DAN SATUAN PENDIDIKAN MEMILIKI PERINGKAT PRESTASI YANG SAMA ATAU LEBIH TINGGI DARI KABUPATEN/KOTA DI SELURUH INDONESIA.
   BERDASARKAN HASIL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 KABUPATEN SAMOSIR MENGALAMI PENINGKATAN PRESTASI YANG SIGNIFIKAN JIKA DIBANDING DENGAN TAHUN PELAJARAN YANG LALU DAN BAHKAN TAHUN PELAJARAN SEBELUMNYA DIMANA PROSENTASE HASIL UJIAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 ADALAH SEBAGAI BERIKUT (1) PROSENTASE LULUSAN SATUAN PENDIDIKAN SD NEGER/SWASTA SEBESAR 100 %, (2) PROSENTASE LULUSAN SATUAN PENDIDIKAN SMP NEGER/SWASTA SEBESAR 100 %, (3) PROSENTASE LULUSAN SATUAN PENDIDIKAN SMA/SMK NEGERI/SWASTA  SEBESAR 100%.
   KEMUDIAN PADA TAHUN 2014 INI, LULUSAN SMA DAN SMK SE-KABUPATEN SAMOSIR YANG LULUS MASUK KE PERGURUAN TINGGI NEGERI MELALUI JALUR UNDANGAN MAUPUN MELALUI UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI  NEGERI (UMPTN) NAIK 15,08 % DIMANA DARI 232 ORANG TAHUN 2013 NAIK MENJADI 267 ORANG UNTUK TAHUN 2014 DAN KE DEPAN PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR MELALUI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SAMOSIR AKAN TERUS BERUPAYA MEMPERBAIKI SISTEM MANAJEMEN PENGELOLAAN SEKOLAH, PENINGKATAN KUALITAS BAIK PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, KOMPETENSI PESERTA DIDIK, SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN SEPERTI RUANG TEORI/RUANG KELAS, LABORATORIUM, RUANG PRAKTIK, PERPUSTAKAAN, RUANG GURU, RUANG TATA USAHA, RUANG KOMPUTER, PENGADAAN BUKU PEGANGAN PESERTA DIDIK DAN PENDIDIK SERTA SARANA LAIN SESUAI KEBUTUHAN.
   KEGIATAN PENINGKATAN KUALITAS DALAM BENTUK KEGIATAN LOMBA DAN/ATAU OLIMPIADE PESERTA DIDIK ATAU PENDIDIK JUGA AKAN TETAP KITA DUKUNG, MAKA HARAPAN PARA ORANGTUA ATAU MASYARAKAT MERUPAKAN HARAPAN KITA BERSAMA SEHINGGA FALSAFAH ORANG BATAK YANG MENYEBUTKAN ” ANAKHONKI DO HAMORAON DI AHU” BENAR-BENAR MEMILIKI WUJUD NYATA DI SELURUH LAPISAN MASYARAKAT KABUPATEN SAMOSIR.
   MELALUI KESEMPATAN INI JUGA DAN ATAS NAMA PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR, SAYA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH WALAUPUN TIDAK DAPAT SAYA SEBUT SATU PER SATU KEPADA SELURUH WARGA SEKOLAH (PENDIDIK, TENAGA KEPENDIDIKAN, PESERTA DIDIK, ORANGTUA PESERTA DIDIK, MASYARAKAT SEKITAR LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KOMITE SEKOLAH) YANG TELAH MERAIH PRESTASI PADA KEGIATAN-KEGIATAN LOMBA ATAU OLIMPIADE TINGKAT SEKOLAH, KABUPATEN, PROVINSI ATAU TINGKAT NASIONAL DAN KE DEPAN PRESTASI TERSEBUT DAPAT DIPERTAHANKAN DAN BAHKAN DITINGKATKAN SEHINGGA PUTRA-PUTRI KABUPATEN SAMOSIR DAPAT MENJADI PUTRA-PUTRI PELAKU PEMBANGUNAN KABUPATEN SAMOSIR PADA MASA YANG AKAN DATANG.
2.   BIDANG KESEHATAN
PELAYANAN BIDANG KESEHATAN MERUPAKAN SALAH SATU SKALA PRIORITAS PEMBANGUNAN PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR WALAUPUN DARI SISI MANAJEMEN PENGELOLAAN, PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA, PENINGKATAN SARANA PRASARANA, PENINGKATAN STATUS RUMAH SAKIT, PUSKESMAS MASIH TERUS KITA BENAHI TERMASUK PEMBENAHAN PUSTU, POLINDES SERTA KETERSEDIAAN OBAT-OBATAN DAN BAHKAN PEREKRUTAN DOKTER SPESIALIS.
SAAT INI KITA MASIH MELAKUKAN PEMUTAHIRAN DATA PERUBAHAN KARTU JAMKESMAS MENJADI DATA BPJS KESEHATAN DIMANA KITA HARAPKAN DATA BPJS KESEHATAN MERUPAKAN DATA YANG LEBIH SEMPURNA DAN TEPAT SASARAN DARI PADA DATA YANG KITA GUNAKAN SEBELUMNYA.
DISAMPING ITU JUGA PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR TERUS BERUPAYA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. HADRIANUS SINAGA PANGURURAN DAN SELURUH PUSKESMAS YANG ADA DI KABUPATEN SAMOSIR SEHINGGA MASYARAKAT YANG MEMERLUKAN PERAWATAN, DAPAT DILAYANI DI PUSKESMAS ATAUPUN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. HADRIANUS SINAGA PANGURURAN DENGAN BAIK.
TAHUN 2014, KITA TELAH MELAKUKAN PELATIHAN KEPADA PARA DOKTER, TENAGA MEDIS/BIDAN DESA DENGAN HARAPAN KUALITAS PARA DOKTER, TENAGA MEDIS/BIDAN DESA YANG ADA DI MASING-MASING DESA/KELURAHAN, PUSKESMAS DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DAPAT MELAYANI PENGOBATAN TERHADAP MASYARAKAT SESUAI DENGAN KOMPETENSI YANG DIMILIKI.
3.   BIDANG SOSIAL, TENAGA KERJA, PEMUDA DAN OLAHRAGA
MEMPERHATIKAN ANGGARAN YANG CUKUP TERBATAS, AKTIVITAS KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA (KONI) KABUPATEN SAMOSIR MELALUI KEGIATAN-KEGIATAN OLAHRAGA SANGATLAH TERBATAS JUGA DILAKSANAKAN. TETAPI BERDASARKAN LAPORAN DINAS SOSIAL, TENAGA KERJA, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SAMOSIR BEKERJASAMA DENGAN PENGURUS KONI KABUPATEN SAMOSIR DAN CABANG OLAHRAGA LAINNYA TELAH BANYAK MERAIH PRESTASI TINGKAT KABUPATEN/KOTA, TINGKAT PROVINSI DAN BAHKAN TINGKAT NASIONAL DAN SALAH SATU DIANTARANYA KABUPATEN SAMOSIR DITUNJUK MENJADI PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA UTARA UNTUK MENGIKUTI PERLOMBAAN DRAGON BOAT DI SITU CIPULE PROVINSI JAWA BARAT DAN PADA HUT PERAYAAN HARI JADI KOTA SIBOLGA TAHUN 2014 YANG LALU KABUPATEN SAMOSIR MERAIH JUARA I.
MELALUI KESEMPATAN INI, SAYA MENGUCAPKAN TERIMAKSIH KEPADA SELURUH ATLIT DAN MASYARAKAT KABUPATEN SAMOSIR YANG  MENGIKUTI DAN MERAIH PRESTASI OLAHRAGA MELALUI BERBAGAI KEGIATAN LOMBA SEPERTI PENCAK SILAT TINGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA; DRAGON BOAT ANTAR KABUPATEN/KOTA DAN TINGKAT NASIONAL; KARATEDO KEJUARAAN DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA; GULAT KEJUARAAN DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA; ANGKAT BESI KEJUARAAN DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA; BINA RAGA KEJUARAAN DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA; DAN KEGIATAN LAIN.
KE DEPAN PRESTASI INI AKAN TERUS KITA DITINGKATKAN SEHINGGA PRESTASI OLAHRAGA YANG KITA KEMBANGKAN DI KABUPATEN SAMOSIR DAPAT MEMPERKENALKAN KABUPATEN SAMOSIR DITINGKAT REGIONAL DAN NASIONAL.
4.   BIDANG KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL
MERUPAKAN HAL YANG TIDAK DAPAT DIABAIKAN BILA KITA TERKAIT DENGAN DATA KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL SEHINGGA DISAMPING PEMBENAHAN MANAJEMEN PENGELOLAAN DAN SARANA PRASARANA YANG DIBUTUHKAN, SAYA MENGHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT KABUPATEN SAMOSIR AGAR KEBERADAAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN SAMOSIR DAPAT DIMANFAATKAN DENGAN BAIK, ARIF DAN BIJAK SECARA KHUSUS TENTANG PENGURUSAN PENERBITAN AKTE LAHIR, KARTU KELUARGA, KARTU TANDA PENDUDUK, AKTE NIKAH DAN JENIS LAINNYA AGAR KEDEPAN MASYARAKAT KABUPATEN SAMOSIR TELAH MEMILIKI TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN YANG LENGKAP DAN AKURAT.
PELAYANAN YANG DILAKUKAN SELAMA INI, KAMI YAKINI MASIH MEMILIKI KETERBATASAN, KE DEPAN MEKANISME DAN TATA KELOLA MANAJEMEN AKAN KITA PERBAIKI SEHINGGA HARAPAN MASYARAKAT DAPAT TERLAKSANA DENGAN BAIK DAN TEPAT WAKTU, SESUAI DENGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN.
5.   BIDANG BADAN PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU
DISAMPING TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU CUKUP BANYAK KEGIATAN YANG TELAH KITA IKUTI, DENGAN TUJUAN AGAR SELURUH KEBUTUHAN PEMANGKU KEPENTINGAN (STAKE HOLDERS) DAPAT DILAYANI DENGAN BAIK TANPA MENGABAIKAN SELURUH KOMPONEN TUGAS POKOK DAN FUNGSI DAN BARU-BARU INI KITA TELAH MENDAPAT PIAGAM PENGHARGAAN INVESTMENT AWARD DARI BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL REPUBLIK  INDONESIA DIMANA KABUPATEN SAMOSIR TERPILIH SEBAGAI KABUPATEN TERBAIK SEKALIGUS MERAIH KUALIFIKASI BINTANG II (URUTAN KEDELAPAN SECARA NASIONAL) SEBAGAI PENYELENGGARA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI BIDANG PENANAMAN MODAL DAN KE DEPAN KITA TETAP BERUPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SEHINGGA SELURUH STAKE HOLDERS YANG ADA DI KABUPATEN SAMOSIR DAN BAHKAN DI LUAR KABUPATEN SAMOSIR BENAR-BENAR TERLAYANI DENGAN BAIK DAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERKAIT DENGAN PENGURUSAN PERIJINAN SEMAKIN MENINGKAT, TEPAT WAKTU DAN TETAP SASARAN.
6.   BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEREMPUAN DAN OTONOMI DESA
MELALUI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEREMPUAN DAN OTONOMI DESA, PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR TELAH MERAIH BEBERAPA PRESTASI YANG CUKUP PENTING KITA APRESIASI WALAUPUN SIFATNYA TINGKAT KABUPATEN MAUPUN TINGKAT PROVINSI.
HAL INI MERUPAKAN GAMBARAN UMUM DAN KOREKSI UNTUK KITA PERBAIKI BAIK DARI SISI MANAJEMEN ATAUPUN PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA SEHINGGA PADA MASA-MASA YANG AKAN DATANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEREMPUAN DAN OTONOMI DESA DAPAT MENJADI PELUANG UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN DI KABUPATEN SAMOSIR.
SAAT INI, DESA JUGA SUDAH DITUNTUT HARUS MAMPU MENGELOLA ADMINISTRASI YANG TERTIB, MAMPU MENCEGAH KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA, MAMPU MELAKSANAKAN USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (UP2K), MAMPU MEMANFAATKAN LAHAN PEKARANGAN (HATINYA PKK) DAN MAMPU MENGELOLA PEMANFAATAN HASIL TANAMAN OBAT KELUARGA SERTA KEGIATAN LAIN YANG SIFATNYA UNTUK MENSEJAHTERAKAN KELUARGA MASYARAKAT.
KITA BERHARAP, MELALUI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN ATAU MELALUI WADAH TP-PKK DESA AGAR MENINGKATKAN KREATIVITAS DI DESA MASING-MASING DAN PADA KESEMPATAN INI, JUGA KAMI SAMPAIKAN TERIMA KASIH KEPADA TIM PENGGERAK TP-PKK KABUPATEN SAMOSIR BERSAMA JAJARANNYA ATAS DUKUNGAN PEMBINAAN YANG DILAKSANAKAN KE SELURUH DESA SEHINGGA PENILAIAN YANG DILAKUKAN TP-PKK PROVINSI SUMATERA UTARA YANG TELAH DILAKSANAKAN SELAMA INI DAPAT MEMBERIKAN PRESTASI YANG MEMUASKAN.
7.   BIDANG PENDAPATAN, KEUANGAN DAN ASET DAERAH
MENDASARI PERATURAN BERSAMA MENTERI KEUANGAN DAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 213/PMK.07/2010 DAN NOMOR 58 TAHUN 2010 TENTANG TAHAPAN PERSIAPAN PENGALIHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN SEBAGAI PAJAK DAERAH, BAHWA TERHITUNG MULAI JANUARI 2014 PENGELOLAAN PBB DILAKSANAKAN OLEH KABUPATEN/KOTA SELURUH INDONESIA.
TERKAIT DENGAN ITU, PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR BEKERJASAMA DENGAN PT. BANK SUMUT CABANG PANGURURAN DAN KPP. PRATAMA BALIGE TELAH MELAKSANAKAN LOUNCHING PENGELOLAAN PBB-P2 YANG DIHADIRI OLEH SELURUH KEPALA DESA, CAMAT, PIMPINAN SKPD DAN UNSUR PIMPINAN DAERAH SE-KABUPATEN SAMOSIR. UNTUK ITU PADA KESEMPATAN INI SAYA MENGHIMBAU BAHWA, KEBERHASILAN PENGELOLAAN PBB-P2 DIMAKSUD SEPENUHNYA TERGANTUNG KEPADA SINERGITAS PARA KEPALA DESA DAN PERANGKATNYA SEHINGGA AMANAH PERATURAN TERSEBUT BENAR-BENAR DAPAT KITA LAKSANAKAN SEKALIGUS DAPAT MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN SAMOSIR.
SELAIN PERAN SERTA ATAU TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA DESA SERTA JAJARANNYA, MASYARAKAT JUGA HARUS BENAR-BENAR TAAT DAN BIJAK UNTUK MELAKUKAN KEWAJIBANNYA SEKALIGUS MEMBAYAR PAJAK SEHINGGA PENAGIHAN PBB-P2 OLEH APARATUR DESA DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK DAN LANCAR SEBAGAI SUMBER PENDANAAN UNTUK PEMBANGUNAN KABUPATEN SAMOSIR PADA TAHUN BERIKUTNYA.
8.   BIDANG KOPERASI, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN.
DALAM RANGKA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT KABUPATEN SAMOSIR MELALUI DINAS KOPERASI, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN,  PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR TERUS BERUPAYA MEMPERBAIKI POLA MANAJEMEN PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL YANG ADA DI KABUPATEN SAMOSIR SEHINGGA PEMASARAN PRODUK-PRODUK HASIL BUMI DAN KEBUTUHAN BAHAN BANGUNAN LAINNYA KEPADA MASYARAKAT DAPAT TERLAYANI DENGAN BAIK DI KABUPATEN SAMOSIR SECARA UMUM.
SECARA KHUSUS, PASAR TRADISIONAL PANGURURAN AKHIR-AKHIR INI TELAH KITA OPTIMALKAN PENGELOLAANNYA BAIK PENINGKATAN KEBERSIHAN, PEMANFAATAN KIOS DAN LAPAK JUALAN YANG ADA SEHINGGA PASAR TRADISIONAL TERSEBUT KEDEPAN SECARA BERTAHAP BENAR-BENAR DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI PASAR TRADISIONAL PERCONTOHAN.
9.   BIDANG PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN
MEMAHAMI KONDISI MUSIM KEMARAU YANG DIALAMI KABUPATEN SAMOSIR SECARA TIDAK LANGSUNG MEMILIKI DAMPAK YANG KURANG MENGUNTUNGKAN TERHADAP HASIL PANEN DAN MUSIM TANAM PARA PETANI PADA 2 (DUA) BULAN YANG LALU.
KITA TELAH SEPAKAT BAHWA KEJADIAN TERSEBUT TIDAK BOLEH TERULANG LAGI, SEHINGGA KEDEPAN DENGAN POTENSI POMPA YANG DIMILIKI KELOMPOK MASYARAKAT DEMIKIAN JUGA YANG DIMILIKI PEMERINTAH AKAN KITA BERDAYAKAN SEMAKSIMAL MUNGKIN UNTUK MENGATASI GAGAL PANEN DAN GAGAL TANAM TERUTAMA USAHA TANI MASYARAKAT YANG BERADA DISEKITAR PANTAI DANAU TOBA.
10.BIDANG INFRASTRUKTUR
DALAM RANGKA PEMBANGUNAN, PENGEMBANGAN DAN PEMELIHARAAN INFRASTRUKTUR JALAN KITA TELAH MEMILIKI ALAT BERAT SEBANYAK 11 (SEBELAS) UNIT DENGAN BENTUK DAN JENIS YANG BERBEDA SESUAI KEBUTUHAN DENGAN HARAPAN BAHWA PEMBUKAAN DAN PEMBENAHAN RUAS JALAN YANG DIUSULKAN MASYARAKAT BERDASARKAN KEBUTUHANNYA AKAN DAPAT KITA SELESAIKAN PADA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2015. NAMUN PERLU KAMI SAMPAIKAN BAGI MASYARAKAT YANG MEMBUTUHKAN ALAT BERAT DIMAKSUD UNTUK DIGUNAKAN TETAP PADA SKALA PRIORITAS UNTUK : (1) MEMBUKA JALAN BARU; (2). MEMBUKA JALAN USAHA TANI;    (3). MEMBUKA JALAN USAHA PRODUKSI; (4). MEMBUKA JALAN LINGKUNGAN; (5). PELEBARAN/PEMBENAHAN JALAN DESA  DENGAN SYARAT STATUS TANAH JALAN YANG AKAN DIBENAHI SUDAH BEBAS DARI MASALAH DIDUKUNG DENGAN ADMINISTRASI YANG LENGKAP. SEHINGGA DIKEMUDIAN HARI TIDAK MENGALAMI PERMASALAHAN YANG SIFATNYA MENGGANGGU KEPENTINGAN UMUM.
      KHUSUS KEPADA PARA KEPALA DESA AGAR PROAKTIF MEMFASILITASI DAN BERKOORDINASI DENGAN CAMAT SETEMPAT, SEHINGGA BAGI MASYRAKAT YANG MEMBUTUHKAN DAPAT DIPROGRAMKAN DAN DILAYANI DENGAN BAIK.  
      HAL YANG SANGAT PENTING LAGI JUGA SAYA SAMPAIKAN KEPADA SELURUH LAPISAN MASYARAKAT KABUPATEN SAMOSIR PASCA BENCANA ALAM YANG SERING TERJADI DISEKITAR  KABUPATEN SAMOSIR AGAR SELALU TANGGAP TERHADAP  CUACA EXTRIM, MISALNYA MUSIM KEMARAU BERKEPANJANGAN YANG MENGAKIBATKAN BANYAKNYA BENCANA KEBAKARAN RUMAH TINGGAL, KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN. SANGATLAH DISESALKAN BILA KITA MENGALAMI BENCANA TERSEBUT OLEH KARENA ULAH DAN PERBUATAN YANG TIDAK PATUT DITIRU DAN DIPUJI. DEMIKIAN JUGA TENTANG PENDIRIAN BANGUNAN BARU AGAR MASYARAKAT DAPAT MEMAHAMI TENTANG TATA LETAK BANGUNAN TERUTAMA PADA SEMPA DAN JALAN, SUNGAI, DANAU MAUPUN DI PINGGIR TEBING GUNUNG, SUPAYA KENYAMANAN KITA DITEMPAT TERSEBUT BENAR-BENAR TERJAMIN DENGAN BAIK.  
10.  BIDANG PARIWISATA, SENI DAN BUDAYA.
DINAS PARIWISATA DAN SENI BUDAYA KABUPATEN SAMOSIR MERUPAKAN SALAH SATU UNIT KERJA YANG DITUGASI UNTUK MENGELOLA, MENGEMBANGKAN DAN BAHKAN MENGGALI KEPARIWISATAAN, SENI DAN BUDAYA KABUPATEN SAMOSIR.
SESUAI DENGAN VISI KABUPATEN SAMOSIR YAKNI  ”SAMOSIR MENJADI DAERAH TUJUAN WISATA LINGKUNGAN YANG INOVATIF 2015” DENGAN MOTTO ” SATAHI SAOLOAN”. SEKAITAN DENGAN HAL TERSEBUT  UNTUK MENCAPAI VISI DIATAS KITA TELAH MELAKUKAN PENCANANGAN VISIT SAMOSIR YEAR BERSAMA DENGAN KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF REPUBLIK INDONESIA, GUBERNUR SUMATERA UTARA PADA TANGGAL 27 PEBRUARI 2014 YANG LALU BERSAMAAN DENGAN PADA PERAYAAN HARI JADI KABUPATEN SAMOSIR KE-X YANG LALU. DAN PADA SAAT ITU KITA TELAH MELAHIRKAN SEBUAH SELOGAN TENTANG PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR, YAKNI “SAMOSIR NEGERI INDAH KEPINGAN SURGA”
SAMBUTAN MASYARAKAT LUAS ATAS SELOGAN TERSEBUT SANGAT POSITIF, TERBUKTI DENGAN BERTAMBAHNYA JUMLAH PARA PENGUNJUNG KE KABUPATEN SAMOSIR SEBAGAIMANA KITA LIHAT PADA HARI LIBUR IDUL FITRI BULAN YANG LALU.
UNTUK ITU, PADA KESEMPATAN INI SAYA MENGHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT AGAR DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMANNYA TERHADAP PARIWISATA TERUTAMA UNTUK MENINGKATKAN KERAMAHTAMAHAN, KEBERSIHAN, KEINDAHAN DAN MEMBERIKAN KENYAMANAN KEPADA PARA PENGUNJUNG SERTA MEMELIHARA KETERTIBAN.
PEMERINTAH AKAN TERUS BERUPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR GUNA MENDUKUNG PARIWISATA MISALNYA PERLUASAN WISATA PANTAI SEPERTI PEMBANGUNAN PANTAI INDAH SITUNGKIR, PAGELARAN SENI BUDAYA MELALUI HORAS SAMOSIR FIESTA, MELAKUKAN BERBAGAI PERTEMUAN DENGAN PARA STAKE HOLDERS BAIK TINGKAT REGIONAL, NASIONAL DAN INTERNASIONAL SEHINGGA DAMPAK POSITIF DARI PENCANANGAN VISIT SAMOSIR YEAR 2014-2015 YANG KITA LAKSANAKAN PADA BULAN YANG LALU DAPAT TERWUJUD DENGAN BAIK.
UNTUK MAKSUD TERSEBUT, PADA KESEMPATAN INI JUGA KAMI HIMBAU AGAR SELURUH KEPALA DESA SUDAH SAATNYA SEGERA UNTUK MEMBUAT PERATURAN DESA TENTANG (1). GOTONG-ROYONG DESA, (2). PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN UNTUK TANAMAN PANGAN DAN TANAMAN OBAT KELUARGA, (3). PEMBUATAN DEPOT SAMPAH, (4). PENERTIBAN TERNAK DAN (5). TENTANG KETERTIBAN DAN KETENTRAMAN DESA.
HADIRIN YANG BERBAHAGIA DAN YANG SAYA HORMATI.
                    MENGAKHIRI PIDATO INI, PERKENANKAN SAYA SELAKU BUPATI SAMOSIR MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA KEPADA SELURUH LAPISAN MASYARAKAT KABUPATEN SAMOSIR ATAS DUKUNGAN DAN PARTISIPASINYA UNTUK MEMBANTU PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR DALAM MELAKSANAKAN RODA PEMERINTAHAN YANG TIDAK LUPUT DARI KEKURANGAN DAN KETIDAKSEMPURNAAN, UNTUK ITU KAMI MOHON MAAF DAN KIRANYA KITA DAPAT MEMAKLUMINYA.
                    KIRANYA TUHAN YANG MAHA KUASA, MAHA PENGASIH SENANTIASA MEMBIMBING DAN MELIMPAHKAN BERKATNYA KEPADA KITA SEMUA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS KITA MASING-MASING DI SETIAP WAKTU DAN DIMANAPUN KITA BERADA.
                    SEKIAN DAN TERIMA KASIH, HORAS.... HORAS, ...... HORAS.

PANGURURAN, 17 AGUSTUS 2014
BUPATI SAMOSIR,

Ir. MANGINDAR SIMBOLON, MM

Tidak ada komentar: