Rabu, 08 Juli 2015

Hasil Penilaian Tugas Akhir Siswa Kelas Umum PMOH Angkatan VII - 2015

PMOH-1.GIF
Form Penilaian Tugas Akhir Siswa Kelas Umum PMOH Angkatan VII - 2015, atas nama : Melani Butar-Butar

Judul: MEMBANGUN KESADARAN BERSAMA, SOLUSI GLOBAL WARMING

1.) Nilai untuk Judul: 8.
Judul yang diberikan penulis menurut sudah cukup bagus. Judul ini memberikan call to action bagi pembaca tentang ajakan untuk membangun kesadaran bersama dalam mengatasi global warming. Judul yang dipilih tidak terlalu panjang dan bisa memberikan teaser bagi pembaca untuk mendalaminya. Memancing pembaca untuk mengetahui bagaimana cara membangun kesadaran bersama tersebut sebagai solusi fenomena global warming yang tengah mengancam saat ini.

2.) Nilai untuk Isi: 9.
Isi yang dituliskan sudah sangat komplit dan bagus. Secara runut, detail dan alur yang mengalir, penulis sudah mampu menyajikan pengetahuan secara lengkap mengenai apa yang disebut global warming serta segala hal mengenainya. Data-data yang diketengahkan penulis sangat lengkap dan detail. Pembaca dimanjakan dengan berbagai data-data yang ada dari seluruh momen-momen penting di dunia. Sayangnya karena terlalu bersemangat dalam menyajikan data-data yang lengkap dan menarik, maka artikel yang dituliskan menjadi terlalu panjang. Sebagai tulisan ilmiah untuk jurnal atau makalah tulisan ini sangat bagus, namun sebagai tulisan untuk artikel di media massa yang notabene memiliki tempat terbatas, maka artikel ini akan sulit menemukan tempat. Kalau pun dipaksakan untuk dimuat oleh media massa harus melalui proses editing pemendekan tulisan yang cukup ekstrim.
Di luar data mengenai global warming yang terlalu panjang, penutup yang disajikan penulis sudah bagus. Di akhir tulisannya, penulis mampu memberikan motivasi dan ajakan untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi laju global warming melalui aksi-aksi nyata yang memungkinkan. Penutup yang disajikan penulis terasa mampu menyentuh kesadaran kita semua, khususnya pembaca tulisan ini untuk lebih peduli dan melakukan sesuatu dalam menghambat laju global warming.

3.) Nilai untuk penggunaan EYD: 9,5.
Penilaian saya terhadap penggunaan EYD yang dilakukan penulis untuk naskah ini bisa dibilang cukup sempurna. Tak ada kesalahan menyolok mengenai penggunaan EYD dalam keseluruhan tulisan. Kesalahan kecil yang terjadi hanyalah masalah typografi, penggunaan spasi setelah tanda baca dan tanda hubung dalam kata ulang. Misalnya ada kata-kata yang secara kalimat diungkapkan dalam bahasa Indonesia tetapi tertulis dalam bahasa Inggris. Namun kesalahan semacam ini juga tak banyak terjadi. Jadi boleh dikatakan penggunaan EYD dalam tulisan ini sudah cukup sempurna.

Review secara keseluruhan untuk Pak Melani dalam segala tahapan PMOH yang dijalani selama ini adalah sebagai berikut:

1. Nilai untuk kedisiplinan: 9.
Pak Melani boleh dikatakan cukup menjaga kedisiplinan dengan baik dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Meskipun ada yang meleset tapi Pak Melani memberikan alasan dan informasi yang cukup bisa diterima.
2. Nilai untuk semangat: 9,5.
Semangat Pak Melani dalam menjalankan prosesi pelatihan menulis online ini patut diacungi jempol. Meskipun pada saat mengikuti PMOH Pak Melani mendapatkan masalah keluarga yang cukup serius dan memprihatinkan tetapi tetap berusaha untuk memenuhi tugas-tugasnya secara baik. Kritik, koreksi dan komentar yang diberikan selalu ditanggapi dengan baik, dicerna dan diterapkan dalam revisi yang diberikan..

3. Nilai untuk kreatifitas dalam memilih ide dan tema tulisan: 9.
Dalam hal kreatifitas pemilihan tema dan ide tulisan, Pak Melani cenderung mampu memberikan ide tulisan yang segar, pengamatan yang jeli,  sudut pandang yang cukup unik dan menarik. Beberapa pengalaman nyata dalam kehidupan kesehariannya mampu dijadikan sumber ide dalam memenuhi beberapa tugas penulisan yang diberikan. Tidak mengada-ada dan cukup genuine karena berdasarkan pengalaman pribadi yang nyata-nyata dialaminya.

4. Nilai untuk progres keseluruhan dalam berbagai topik pelajaran kepenulisan yang diberikan: 9.
Mungkin karena pernah mengikuti PMOH untuk angkatan sebelumnya, maka Pak Melani boleh dikatakan cukup matang, siap dan sangat terbuka dalam menerima dan mempelajari materi yang diberikan. Tulisan-tulisan yang diberikan dalam memenuhi tugas PMOH telah dijalankan dengan baik. Tekad keras dan kemauan yang ditunjukkan Pak Melani sangat mengagumkan. Jika saja pada saat mengikuti PMOH kali ini Pak Melani tidak sedang dirundung permasalahan pribadi yang tentunya cukup mengganggu waktu dan tenaganya, mungkin tulisan-tulisannya akan jauh lebih bagus dan sempurna dari yang ada sekarang.

Berdasarkan uraian penilaian-peilaian di atas, maka Pak Melani layak mendapatkan predikat kelulusan “sangat memuaskan” pada PMOH 2015.***

Tidak ada komentar: