Jumat, 16 Februari 2018

7 Cara Meningkatkan Kesadaran Merek Melalui Media Sosial


7 Cara Meningkatkan Kesadaran Merek Menggunakan Media Sosial

Setiap orang pasti sudah melihat dan merasakan manfaat media sosial, baik untuk kebutuhan komunikasi, pendidikan, politik, sosial budaya, juga yang terutama bagi para pengusaha atau mereka yang bergelut di dunia bisnis.

Lalu, kita mungkin bertanya-tanya bagaimana menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Salah satu cara paling efektif untuk menggunakan media sosial untuk bisnis adalah membangun kesadaran akan merek dan produk anda.

Berikut daftar tentang cara terbaik media sosial dapat membangun kesadaran dan nilai untuk merek anda:

1. Berbagi sosial,  yakni mendorong penggemar dan pengikut untuk membagikan postingan profil usaha anda. Cara mereka berbagi akan tergantung pada platform yang dipakai. Citra retweet, repin, atau share Instagram dapat menyebarkan berita tentang merek anda dan memberi jangkauan pengikut baru.

2. Menggelar kontes. Banyak orang yang suka memenangkan sesuatu secara gratis atau hadiah. Untuk itu, buatlah kontes di platform media sosial anda dan biarkan pengikut anda berbagi berita. Siapkan kontes sehingga untuk setiap bagian, penggemar anda akan menerima entri bonus dalam kontes.

3. Kualitas konten. Hal ini penting diperhatikan karena konten segar dan berharga menciptakan kepercayaan dan otoritas dengan pemirsa online anda. Jika Anda membuat konten yang informatif dan bermanfaat bagi pemirsa, mereka akan melihat merek anda dalam cahaya positif. Asosiasi positif ini bisa membangun basis pelanggan setia.

4. Keterlibatan. Pelibatan diri sendiri membangun hubungan emosional dengan pelanggan. Tidak peduli platform media sosial mana yang anda gunakan, ingatlah prinsip fundamental media sosial: "Jadilah sosial, libatkan diri anda". Untuk membuat pengikut merek dan pemirsa setia, anda perlu berinteraksi. Lakukan ini dengan "suka," saham, dan kirim ulang untuk menunjukkan kepada audiens bahwa Anda menemukan apa yang mereka katakan berharga. Jika Anda menghargai mereka, mereka akan cenderung berpaling ke pihakmu.

5. Ajukan pertanyaan di akun medsos. Strategi penjualan yang sangat cocok dalam dunia bisnis, baik dalam penjualan tradisional maupun penjualan online adalah seni pertanyaanya. Sebenarnya, posting pertanyaan mendapat komentar 100% lebih banyak dari pada tulisan standar. Mengajukan pertanyaan kepada pengikut Anda menunjukkan bahwa anda tertarik pada mereka, yang membantu membangun niat baik terhadap merek Anda.

6. Tunjukkan bukti dan jangan katakan. Berbagi manfaat produk Anda di media sosial dapat memikat pelanggan anda untuk membeli. Gunakan media sosial untuk menunjukkan bagaimana produk bekerja, produk itu sendiri menunjukkan bukti sosialnya.

7. Tawarkan demo gratis. Cara ini adalah membiarkan calon pelanggan menyatakan nilai unik mereka dengan menawarkan demo gratis atau uji coba uang kembali. Pernyataan "tidak ada risiko" menawarkan kemungkinan calon pelanggan untuk mencoba produk Anda, yang dapat menyebabkan penjualan turun.

Selain ketujuh cara tersebut diatas, maka ada kiat bonus yakni ajukan penawaran melalui media sosial untuk mengumpulkan 'suka' (like) dan berbagi dari penggemar anda. Mereka akan membantu menyebarkan berita tentang penawaran Anda. Semoga berhasil. (Diedit dari berbagai sumber).(*)


Tidak ada komentar: